Rabu, 20 Juni 2012

PROPOSAL KEGIATAN

PROPOSAL KEGIATAN


I. PENDAHULUAN

  1. LATAR BELKANG

Pengajian Anak-anak “Nurul Islam” ( PENA NURIS ) adalah salah satu lembaga non formal yang menangani kegiatan anak-anak dibidang keagamaan, yaitu pendidikan agama islam. Dewasa ini keberadaan lembaga Pengajian Anak-anak menjadi ujung tombak bagi pengenalan nilai-nilai Aqidah, Ibadah dan Akhlaq sejak dini. Apalagi muatan atau pelajaran agama yang didapatkan anak-anak dibangku sekolah dirasakan masih kurang. Setelah bergulir di era tahun 80-an kegiatan lembaga non formal ini semakin banyak, kompleks, variatif dan aspiratif, yang menjadikan “sekolah kampung” ini semakin menjamur serta diminati dan dipercaya orang tua untuk menitipkan putra-putrinya.
Sesungguhnya masa kanak-kanak merupakan fase yang paling subur, paling panjang, dan   paling dominan bagi seorang murabbi (pendidik/ orang-tua) untuk menanamkan norma-norma yang mapan dan arahan yang bersih ke dalam jiwa dan sepak terjang anak-anak didiknya. Berbagai kesempatan terbuka lebar untuk sang murabbi dan semua potensi tersedia secara berlimpah dalam fase ini dengan adanya fitrah yang bersih, masa kanak-kanak yang masih lugu, kepolosan yang begitu jernih, kelembutan dan kelenturan jasmaninya, kalbu yang masih belum tercemari, dan jiwa yang masih belum terkontaminasi.
Apabila masa ini dapat dimanfaatkan oleh sang murabbi secara maksimal dengan sebaik-baiknya, tentu harapan yang besar untuk berhasil akan mudah diraih pada masa mendatang, sehingga kelak sang anak akan tumbuh menjadi seorang pemuda yang tahan dalam menghadapi berbagai macam tantangan, beriman, kuat, kokoh, lagi tegar.
Berangkat dari realita ini, maka diperlukan satu wadah yang dapat membina dan mendidik secara tepat untuk usia kanak-kanak, yaitu dengan mendirikan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) atau sejenisnya.
Pengajian Anak-anak “Nurul Islam”, berdiri tanggal 23 Mei 2006 ( 3 hari sebelum gempa bumi di Yogyakarta), pada mulanya  hanyalah pengajian anak-anak dalam wilayah Rt.05 di dusun Bulu. Berawal dari rutinitas yang dilandasi kesabaran dan ketekunan Bapak M Nur Danang sebagai pengasuh pengajian, kemudian membangkitkan “minat belajar” anak-anak yang lain dari beberapa dusun sekitar yang pada akhirnya mendapatkan respon positif dari para orang tua wali yang kemudian tergerak umtuk menitipkan para putra-putrinya belajar di TPA/ Pengajian Anak-anak Nurul Islam.
B.     TUJUAN DAN FUNGSI
Secara umum tujuan Taman Pendidikan Al Qur’an adalah untuk menciptakan generasi muda yang beriman , berakhlak mulia, cerdas dan mandiri.
Secara khusus tujuan Taman Pendidikan Al Qur’an adalah untuk mengembangkan potensi yang berkaitan dengan:
1.      Memberikan wadah pendidikan yang berbasis Islam, khususnya pendidikan Al Qur’an untuk warga dudsun Bulu dan sekitarnya.
2.      Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga tercapai tujuan pembelajaran seperti tersebut di atas
3.      Pengembangan pendidikan anak seutuhnya sesuai bakat, minat dan kemampuan karakteristik anak
4.      Pendidikan berbasis masyarakat (community based education)
5.      Sumber inovasi dan informasi (agent of change and center of innovation).
Sedangkan fungsi dari Taman Pendidikan Al-Qur’an antara lain:
1.      Mengembangkan seluruh potensi anak sejak usia dini dalam rangka mewujudkan     pendidikan anak seutuhnya sehingga nantinya terbangun generasi ideal masa depan yang beriman, berakhlak mulia, cerdas dan mandiri.
2.      Melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta mengemengembangkan life skills.

II. KEGIATAN PENGAJIAN

  1. Waktu pelaksanaan pengajian:

Pengajian Harian:
-       Sesi I        : Jam 13.30 s/d 15.00  : untuk anak tingkat mula
-       Sesi II       : Jam 15.30 s/d 17.30  : untuk anak tingkat lanjut

Pengajian Mingguan/ bulanan
-       Kusus kajian Kitab-kitab, yang diikuti seluruh anak/santri secara bersama-sama

  1. Materi pengajian:

-       Pesholatan
-       Hafalan Do’a-doa dan Surat pendek
-       Pengajian Iqro’/ Juz’ama/ Al-Qur’an secara privat (Sorogan)
-       Kajian Ilmu Tajwid
-       Kajian Aqidah, Syariah dan Akhlaq
-       Tarekh dan Sejarah Kebudayaan Islam
-       Kajian Kibab-kitab
-       Dan lain-lain

III. ANGGARAN KEBUTUHAN DAN BIAYA
Pengajian Anak-anak Nurul Islam merupakan bentuk pendidikan anak usia dini yang berbasis Islami. Program kegiatan  yang digunakan berpedoman pada kurikulum yang berlaku atau sesuai dengan kebutuhan. TPA/ PENA NURIS menekankan pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar yang disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan dan kondisi masyarakat.
Untuk dapat terlaksananya semua itu, dibutuhkan:
1.      Sarana dan prasarana,
2.      Ketenagaan,
3.      Administrasi dan Manajemen TPA,
4.      Peran serta orang tua/ wali murid dan masyarakat.
Dalam mewujudkan kebutuhan tersebut, maka diperlukan biaya yang dapat menopang kegiatan di atas. Yang diharapkan bersumber dari:
1.      Iuran bulanan santri.
2.      Sumbangan dari Masyarakat dan Donatur
Kebutuhan sarana dan prasarana kegiatan Pengajian yang lebih kami utamakan untuk waktu dekat ini adalah Gedung Pengajian, syukur Alhamdulillah pembangunan gedung sudah kita mulai pada hari Jum’at Legi 27 Syawal 1433H / 14 September 2012. Sehubungan dengan keterbatasan dana sehingga perkenankanlah kami untuk mengajukan permohonan bantuan dana kepada Bapak/ Ibu/ Sdr, untuk pelaksanan Pembangunan Gedung Pengajian Nurul Islam di dusun Bulu kulon Rt.05 Trimulyo Jetis Bantul Yogyakarta.

IV. ALAMAT dan LOKASI PENGAJIAN

Alamat Pengajian: Rumah Bpk. M Nur Danang, S.Pd. Ds. Bulu 05/24 Trimulyo Jetis Bantul Ykt.
                               Kode pos 55781
Telp./ HP              : 081 328 8100 17, 0274 - 9175 722
Home Page           : www.pengajiananaknurulislam.blogspot.com
Email                    : pengajiananak@gmail.com
Rekening              : BRI Syariah, No.Rek: 1005576578 (kode BRI Syari’ah 422)
                               Atas nama: SUBANDIYANA

V.  PENUTUP
Demikianlah proposal ini kami sampaikan, dengan harapan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik demi menegakkan Syi’ar agama Allah SWT di muka bumi ini. Semoga Allah Swt akan memberikan kekuatan dan kesehatan lahir bathin kepada kita semua, Atas peran serta, perhatian, bantuan dan kerjasama yang membangun kami mengucapkan banyak terima kasih,
Jazakumullahu khoiron katsiroon.
Waasalamu’alaikum Wr Wb.

Pengurus PENA “Nurul Islam”

                        Ketua,                                                                                     Sekretaris,



              SUBANDIYANA                                                                      MARSUDI MHS